RKDD Pinang Merah Gelar Pelatihan Fotografi dan Videografi, Gandeng Forum Film Merangin Sebagai Narasumber

Pelatihan Fotografi dan Videografi

Merdekapost.com | Merangin, Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Pinang Merah sukses menyelenggarakan pelatihan fotografi dan videografi bagi warga desa, dengan menggandeng Forum Film Merangin sebagai narasumber utama. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini diadakan di Balai Desa Pinang Merah dan diikuti oleh puluhan warga yang antusias untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang visual.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Kegiatan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Melalui Desa Cerdas RKDD Pinang Merah dalam memberdayakan masyarakat desa melalui peningkatan keterampilan di bidang teknologi digital, yang kini semakin relevan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk promosi pariwisata dan produk lokal 08/08/24.

Kepala Desa Pinang Merah, Bapak Purwanto, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat menjadi langkah awal bagi warga untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan mereka, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk kepentingan promosi desa dan kegiatan ekonomi kreatif.

"Melalui pelatihan ini, kami berharap warga dapat mengembangkan potensi diri dan memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan positif, termasuk dokumentasi kegiatan desa dan promosi Potensi yang ada di Desa Pinang Merah," ujar Purwanto.

Kader Digital RKDD Pinang Merah, Sandiko Aji, menyampaikan bahwa pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada warga desa dalam memproduksi konten visual berkualitas. 

"Dengan menghadirkan Forum Film Merangin sebagai narasumber, kami berharap warga dapat belajar langsung dari para ahli yang berpengalaman di bidangnya," ujar Sandi.

Selama pelatihan, oleh narasumber Ketua Forum Film Merangin Rudi Hariandi Sy memberikan materi mulai dari dasar-dasar pengambilan gambar, teknik komposisi, pencahayaan, hingga pengeditan video menggunakan perangkat lunak. Selain teori, peserta juga diajak untuk melakukan praktik langsung di lapangan, mengabadikan keindahan alam dan kegiatan sehari-hari di Desa Pinang Merah.

"Melalui pelatihan ini, kami ingin membekali warga dengan kemampuan untuk mengabadikan momen-momen penting, baik untuk keperluan pribadi, promosi desa, maupun sebagai peluang bisnis yang menjanjikan," kata Rudi.


Praktik Pengambilan Video
Peserta pelatihan, Aris, mengaku sangat terbantu dengan materi yang disampaikan. "Pelatihan ini sangat membuka wawasan saya tentang bagaimana menghasilkan foto dan video yang menarik. Ini sangat bermanfaat, terutama untuk promosi produk kerajinan tangan yang saya buat," ungkap Aris.

RKDD Pinang Merah berharap kegiatan ini dapat menjadi awal dari berkembangnya komunitas kreatif di desa, yang mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung berbagai kegiatan dan usaha lokal.

Dengan menggandeng Forum Film Merangin, RKDD Pinang Merah membuktikan komitmennya dalam memberikan yang terbaik bagi warga, serta mendorong pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan zaman. (rdp)

Related Postss

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs