Sekda Batanghari Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

  

Merdekapost.com - Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksakan  Upacara Lahirnya Pancasila 1 Juni 2024 dengan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, upacara tersebut  dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Batanghari, Propinsi,Jambi, Sabtu,(01/06/2024).

Adapun yang menjadi Pembina Upacara tersebu adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Muhamad Azan.

Anggota DPRD Kabupaten Batanghari A.Pitoni bertindak sebagai pembaca naskah Pancasila dalam uapacara tersebut.

Sekda Kabupaten Batanghari membacakan Pidato Resmi Kepala Badan Pembinaan Idelogi Pancasila  Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

Salam sejahtera untuk kita semua,

SALAM PANCASILA.

Hari ini 1 juni 2024 kita memperingati Hari lahir Pancasila.Hari ketika Bung Karno yang sebagai Proklamator Kemerdekaan,pertama kali memperkenalkan Pancasila melaului pidtonya pada tahun 1945,"Katanya.

Tambahnya,Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema" Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa  Menuju Indonesia Emas 2025".Dengan maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku agama,budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Idonesia Emas yang maju,mandiri dan berdaulat.

Dengan kemajemukan Indonesia.Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung hadir dalam kehidupan berbangsa  sesuai dengan cita-cita pendirian Negara.

"Dengan menjunjung  tinggi nilai-nilai inklusivitas,toleransi,dan gotong royong,keberagaman ini di rajut dan di kemas di dalam idetitas nasional yaitu  Bhineka Tunggal Ika.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini ,kita semua komponen bangsa dimana pun berada untuk saling bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehudipan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara",Ucap Sekda.

Dilanjutkan Sekda lagi,Pancasila senatiasa harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi  yang bekerja dan dirasakan kehadirannya dan manfaatnya, tumpah darah Indonesia serta menjadi regulasi yang berlandaskan pada semangat jiwa pancasila yang menjadi tauladan dan cerminan dari etika ,itegritas dan karakter para pemimpin rakyat Indonesia.

"Dengan perkembangan zaman di era globalisasi ini,kemajuan teknologi yang pesat juga dalam aspek informasi. Di sinilah Pancasila di harapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak terjadi disorientasi di masa depan.

Keberagaman  media teknlogi merupakan menjadi manfaat positif demi keluasan informasi yang di sebar luaskan atau yang akan di terima oleh masyarakat dari aspek informasi positif", Sebutnya.

Dikatakan Sekda lagi,Dengan semangat Pancasila yang kuat,saya yakin seluruh tantangan yang di hadapi  bangsa Indonesia  akan dapat teratasi apalagi di tengah isu krisis global yang terjadi,Kita yaki Bangsa Indonesia berhasil menjaga  stabilitas ekonomi ,sosial dan politik.

Keberhasilan itu merupakan  subangsih gotong royong anak bangsa  dengan fondasi ideologi bangsa pada dasarnya.Kutipan Pidato resmi Yudian Wahyudi",Tutur Sekda dalam pidatonya.

Upacara ini di hadiri Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari,Forkompimda Batanghari, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari beserta jajaran dan ASN Kabupaten Batanghari. (*)

Related Postss

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs